Polinela Rencanakan Pendirian Prodi Baru, D4 PKA

0

Rapat Senat Bahas Pendirian Prodi Baru Polinela (4/11/21)

Sukma_Polinela; Politeknik Negeri Lampung (Polinela) kembali menggelar Rapat Senat pada (04/11/2021) di Gedung Cempaka B2 (CB2) Polinela, dalam rangka pengusulan pendirian Program Studi (Prodi) baru, yaitu Prodi D4 Pengelolaan Konvensi dan Acara (PKA).

Tujuan didirikannya Prodi PKA ini atau juga bisa disebut Meeting, Insectivites, Conventions, and Exhibitions (MICE), diharapkan mampu mendapatkan lulusan-lulusan yang kompeten dalam pembuatan perencanaan event seperti konser, penataan panggung, mengatur jalannya acara, sponsorship, dan lain-lain.

Untuk sementara, Prodi PKA ini akan dimasukkan ke dalam Jurusan Ekonomi dan Bisnis (Ekbis), karena Prodi PKA masih dirumpun Prodi Perjalanan Wisata. Prodi ini juga akan dijadikan jurusan sendiri, yaitu pariwisata. Namun, persyaratan dari kementerian jika ingin membuat jurusan baru minimal mempunyai 2-3 prodi. Untuk saat ini, kampus masih dalam tahap penyusunan proposal dan belum dikirim ke kementerian, akan tetapi sudah diadakan Rapat Senat.

Meyliana salah satu dosen Prodi Perjalanan Wisata mengatakan bahwa, dalam Prodi PKA ini para dosen sudah ditentukan, akan tetapi untuk menemukan dosen lulusan S1 dan S2 linier pada program studi PKA cukup sulit di Indonesia, maka dari itu diusulkan untuk dosen-dosen dengan background pariwisata “Untuk dosen sudah ditentukan, namun di Indonesia masih sulit untuk menemukan S1 S2 linier di Prodi PKA, kalaupun ada itupun lulusan dari Australia dan sebagainya, jadi yang diusulkan dosen-dosen dengan latar belakang pariwisata secara umum tapi hanya untuk dosen industri, kemudian dosen-dosen yang sudah ada di Prodi Perjalanan Wisata,” ujarnya.

Sarono, Direktur Polinela mengatakan bahwa prodi ini akan ditargetkan buka pada tahun 2023. ‘’Prodi ini ditargetkan akan dibuka tahun 2023, untuk fasilitas insyaallah sudah cukup, seperti gedung, bus, both, studio bahkan kita juga bekerja sama kurang lebih dengan 20 industri. Jadi kita tidak membuka prodi yang jadul-jadul tapi yang futuristik yang kedepannya bisa mendapatkan masa depan yang cerah,’’ ujar Sarono.

Diharapkan untuk para lulusan Prodi PKA mampu sampai pada posisi professional seperti Wedding Organizer (WO), Biro Perjalanan Wisata, Event Organizer (EO), Exbihibition Organizier, Professional Conference dan Perhotelan.(*Novri)

 

Reporter:

Farhan Herly pratama

Siti Marwiyah

Tinggalkan Balasan