Relawan Pajak Polinela Siap Melayani Wajib Pajak

Suasana Pelatihan Tax Center Polinela di Gedung PPA Lantai 3 (31/01/2022)

Sukma_Polinela; Tax Center Politenik Negeri Lampung (Polinela) telah mengadakan pelatihan kepada relawan pajak Polinela 2022. Terdapat sekitar 30 mahasiswa yang lulus dari tahapan seleksi.  Senin (31/01/2022) pelatihan relawan pajak dilaksanakan di Lab. Pajak dan Lab. Akuntansi Gedung Pusat Pelatihan Akademik (PPA), Lantai 3, Polinela  pukul 09.00 WIB.

Kegiatan ini dilaksanakan secara offline dan online bagi Mahasiswa yang terpilih menjadi relawan pajak. Pelatihan ini didampingi oleh Damayanti, Depita Anggraini, Umarudin Kurniawan, Asia Novita Sari, Indriyani, selaku dosen dan teknisi.

Mengacu Pasal I angka 9 Peraturan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) No. PER-12/PJ/2021 relawan pajak adalah seseorang yang secara sukarela menyumbangkan waktu, tenaga, pikiran, dan keahliannya untuk berperan aktif dalam kegiatan edukasi perpajakan.

Tax Center Polinela siap membantu Wajib Pajak dalam Pengisian Surat Pemberitahuan(SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) Orang Pribadi dan SPT Tahunan PPh Badan (UMKM) yang akan di laksanakan pada bulan Februari – April 2022 setiap hari Senin – Jumat pukul 09.00-16.00 WIB.

Relawan pajak di bagi menjadi 3 tempat yaitu di Bandar Lampung, Lampung Tengah, dan Kota Bumi. Lokasi tempat yang berada di Bandar Lampung berada di Lab. Pajak dan Lab. Akuntansi Gedung PPA, Lantai 3, Polinela. Lokasi tempat yang berada di Lampung Tengah berada di Politeknik Negeri Lampung, Lampung Tengah, yaitu Gedung Dekranasda, Lantai 2, dan di Jl. Lintas Sumatera, Gunung Sugih, No. 45, Lampung Tengah.

Dengan digelarnya pelatihan ini relawan pajak dapat belajar cara menginput data dan dapat menangani nasabah dengan baik. Adanya beberapa kendala yang terjadi yaitu sandi akun salah sehingga harus ada konfirmasi kepada orang yang bersangkutan, dan adanya terkendala sinyal bagi yang mengikuti secara online.

Yolanda Dila Sevia selaku relawan pajak yang mengikuti pelatihan secara offline, mengungkapkan bahwa pada saat pelatihan relawan pajak tersebut ia terkendala ketika akan masuk ke akun DJP Wajib Pajak, “Kendala hari ini itu pada saat kita coba login di DJP nya itu ada yang sandinya salah, sehingga kita harus konfirmasi ke wajib pajak agar pajaknya bisa dilaporkan,” ujarnya saat diwawancarai via WhatsApp.

Disisi lain, menurut salah satu relawan pajak yang mengikuti pelatihan secara online, ia juga terkendala sinyal “Kendala selama pelatihan relawan ini hanya sinyal saja, karena saya melakukannya secara online,” tutur Abduloh Muhfit saat diwawancarai via WhatsApp.

Pelatihan hari ini berjalan dengan baik, namun hanya saja terkendala sinyal bagi yang online, tetapi masalah ini bisa diatasi dengan mengirim materi pelatihan kembali ke relawan pajak, “Mungkin dari merekanya yang keluar masuk zoom meeting atau kesulitan mengunduh file, jadi bahan-bahan kita upload kembali” kata Asia Novita Sari selaku teknisi.

Dengan adanya relawan pajak, semua pihak akan dibantu cara membayar pajak maupun hanya konsultasi secara gratis. Terdapat 5 relawan pajak dan 2 pendamping yang akan menginput berkas dan mendampingi klien yang berkonsultasi.

Damayanti selaku pendamping mengatakan relawan pajak ini sangat membantu dan dapat waktu. “Relawan pajak ini sangat membantu, dari pada orang-orang mengantri di KPP, apalagi waktu offline mereka tidak perlu datang ke KPP masing-masing, langsung aja ke (Polinela) tidak usah ngantri,” tuturnya.

Yolanda Dila Sevia selaku relawan pajak berharap dapat membantu orang-orang yang ingin lapor SPT Tahunan PPh Orang Pribadi dan SPT Tahunan PPh Badan. “Harapan saya bisa menambah relasi, wawasan, dan menguasai materi terkait pemotongan pajak, serta bisa bermanfaat untuk masyarakat umum yang ingin mengisi laporan pajaknya,” ucapnya. (*Aura)

 

Reporter :

Risya Syafitrah

Siti Marwiyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.