Menjawab Kebutuhan Dunia Kerja di Bidang Perhotelan, Polinela Tambah Prodi Baru

Foto Diambil Dari Website Polinela (28/01/2022)

Sukma_Polinela; Politeknik Negeri Lampung (Polinela) menambah program studi (prodi) baru, yakni Prodi Sarjana Terapan (D4) Pengelolaan Perhotelan yang merupakan prodi ke-7 di Jurusan Ekonomi dan Bisnis. Prodi ini disahkan pada 21 Desember 2021 dengan penandatanganan Salinan Keputusan (SK) Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 220/D/OT/2021.

Yusep Windhu Ariwibowo, selaku Ketua Prodi (Kaprodi) D4 Terapan Perhotelan menanggapi adanya prodi baru ini menjadi kabar gembira bagi lulusan SMA/SMK. “Tentu ini menjadi kabar gembira bagi lulusan SMA/SMK yang ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat sarjana di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), mengingat belum adanya Perguruan Tinggi Swasta (PTS)/PTN di Lampung yang memiliki Prodi Perhotelan,” ujarnya.

Pembukaan pendaftaran prodi ini dibuka pada tahun ajaran 2022/2023 dengan empat jalur seleksi, yaitu Penelusuran Minat, Kemampuan Akademik, dan Bakat (PMKAB), Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Jalur Mandiri.

Prodi ini dibentuk untuk menjadi pusat pendidikan vokasi yang menerapkan serta mengembangkan pengetahuan dan keterampilan di bidang pengelolaan perhotelan dan kewirausahaan hospitality. Dengan lulusan peluang kerja di bidang industri perhotelan, industri pariwisata, kapal pesiar, pesawat terbang, wirausaha, pemerintahan, lembaga keterampilan dan pendidikan. Lulusan dari prodi ini nantinya akan mendapat gelar Sarjana Terapan Pariwisata (S.Tr.Par) dengan masa studi 8 semester selama 4 tahun dan menempuh beban belajar 144 Satuan Kredit Semester (SKS).

Kaprodi D4 Pengelolaan Perhotelan menjelaskan, bahwa adanya hambatan dalam mendapatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dosen pengajar untuk prodi ini. “Yang menjadi hambatan, yaitu dalam mendapatkan SDM dosen pengajar yang memiliki jenjang pendidikan S2 bidang perhotelan di Lampung. Tetapi bersyukur, hasil kerjasama dengan dunia industri perhotelan dan Perguruan Tinggi Perhotelan diluar Lampung, kami mendapatkan SDM dosen sesuai kualifikasi,” jelasnya.

Yusep berharap Prodi D4 Pengelolaan Perhotelan akan menjadi pusat pendidikan vokasi. “Harapannya sesuai visi misi Prodi D4 Pengelolaan Perhotelan akan menjadi pusat pendidikan vokasi yang menerapkan, mengembangkan pengetahuan, keterampilan pengelolaan perhotelan dan kewirausahaan hospitality, yang bersinergi dengan dunia industri perhotelan, dalam rangka menjawab tantangan dan kebutuhan dunia kerja dibidang perhotelan,” tuturnya.

Arif Makhsun, Ketua Jurusan Ekbis juga menanggapi perihal prodi baru ini. “Tentunya ini mengangkat citra kita, yang selama ini hanya kuat di bidang pertanian namun sekarang kita sudah ada bidang lain juga seperti Informatika, Akuntansi, Perjalanan Wisata dan sekarang Perhotelan. Semoga ini menjadi daya tarik bagi calon mahasiswa untuk bisa bergabung di Polinela,” ujar Arif. (*Novri)

Reporter :

Mutiara Salsabila

Riska Ayu Wulandari

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.