Wajah Baru Himabun dan HMJ Ekbis

Suasana Registrasi Sebelum Pemilihan (23/11/2021)

Suasana Registrasi Sebelum Pemilihan (23/11/2021)

Sukma_Polinela;  Panitia Khusus Pemilihan Umum Raya (Pansus Pemira) Politeknik Negeri Lampung (Polinela) kembali mengadakan Pesta Demokrasi, yakni Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jurusan Ekonomi dan Bisnis (Ekbis) serta Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan periode 2021-2022 Selasa (23/11/2021). Pemilihan ini dilaksanakan secara offline di Belakang Gedung Serba Guna (GSG) Polinela dan secara online melalui G-form. Pemungutan suara dimulai dari jam 08.00 – 15.00 WIB, baik secara offline maupun online.

Adapun pasangan calon (paslon) dari Jurusan Ekbis nomor urut 1 ialah Putra Khairullah dari program studi (prodi) D4 Akuntansi Pajak dan Ketlin Asta Caroline, D3 Agribisnis) serta nomor urut 2 adalah Adil Jeddi Radja, D3 Manajemen Informatika dan Yolanda Dila Selvia H, D4 Akuntansi Perpajakan. Kemudian paslon dari Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan nomor urut 1, yaitu Sunanto, D3 Produksi Tanaman Perkebunan dan Rahmat Kurniawan Akip, D4 Produksi dan Manajemen Industri Perkebunan. Serta nomor urut 2 adalah Hafid Miftahudin, D3 Produksi Tanaman Perkebunan dan Roni Hermansyah D4 Produksi dan Manajemen Industri Perkebunan.

Menurut Ketua Pelaksana, Arman Riadi mahasiswa prodi D3 Hortikultura, mahasiswa lebih memilih untuk memberi hak suara melalui G-form daripada ke lokasi langsung. “Jadi kalo keinginan saya dilakukan secara offline, tetapi mengingat masih masa pandemi dan kawan-kawan belum berada di Bandarlampung, maka kebanyakan memilih melalui G-form,” ucap Arman.

Terkait dengan keamanan pemilihan via  G-form, Arman Riadi menjelaskan bahwa terjamin keamanannya karena pemilih hanya bisa memilih sekali dan harus melampirkan bukti Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) atau Invoice akun Jejaring Akademik (Jaraka). “Terjamin, karena G-form hanya bisa diakses sekali dan harus melampirkan KTM atau Invoice Jaraka,” kata Arman

Menurut salah satu pemilih, Hariyanti Sholehah mahasiswi prodi D3 Akuntansi, dia memilih untuk memberi hak suaranya secara online, karena masih ada kegiatan perkuliahan secara online dan untuk menghindari kerumunan. “Pagi hari saya ada kuis, dan sore hari saya ada mata kuliah Bahasa Indonesia. Selain itu, untuk menghindari kerumunan karena masih dalam suasana pandemi,” ucap Hariyanti.

Hariyanti juga menyampaikan harapannya kepada paslon yang akan terpilih nantinya. “Semoga untuk paslon yang nanti terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur terutama Jurusan Ekbis, bisa merealisasikan visi misi yang telah diucapkan saat masa kampanye kemarin. Selain itu, bisa menyatukan anggota aktif dan pasif HMJ Ekbis menjadi lebih selaras lagi, tentunya dapat membuat HMJ Ekbis lebih maju lagi, lebih unggul lagi,” kata Hariyanti.

Proses Penghitungan Suara Oleh Pansus (23/11/2021)
Proses Penghitungan Suara Oleh Pansus (23/11/2021)

Setelah pemungutan suara selesai, Pansus melaksanakan penghitungan suara mulai pukul 16.00 – 23.00 WIB, di Gedung Seroja Polinela. Pada saat itu, saksi dari masing-masing paslon turut serta menyaksikan penghitungan suara tersebut. Dari penghitungan suara tersebut, diperoleh suara sah sebanyak 811 suara untuk Gubernur dan Wakil Gubernur Jurusan Ekbis yang dimenangkan oleh paslon nomor urut 2, dengan hasil suara 333:478.

Sedangkan, perolehan suara untuk Gubernur dan Wakil Gubernur Budidaya Tanaman Perkebunan, diperoleh jumlah susara sah sebanyak 278 suara, yang dimenangkan oleh paslon nomor urut 2, dengan hasil suara 135:143.

Menurut Arman Riadi, proses pemilu yang telah berlangsung terdapat kendala, seperti keterbatasan alat untuk crosscheck yang memilih secara online. “Untuk kendala waktu penghitungan suara itu ada, terutama di laptop, kami hanya punya satu. Kendala lainya,  yaitu crosscheck G-mail , Nomor Pokok Mahasiswa (NPM), serta syarat lainnya untuk memilih paslon yang melalui G-from,” ungkap Arman.

Wakil Gubernur Jurusan Ekbis yang terpilih, Yolanda Dila Sevia H menuturkan bahwa puas dengan hasil pemilihan dan tidak menyangka akan menang dalam pemilihan ini. “Alhamdulillah, puas sekali, kami juga tidak menyangka bakal terpilih, karena kan semua calon itu yang terbaik. Untuk hasil, dari awal pemilihan kami sudah siap berlapang dada siapapun nantinya yang bakal terpilih pasti yang terbaik menurut teman-teman semua, karena semua calon mempunyai kelebihan tersendiri dan gaya kepemimpinan serta visi misinya sendiri, jadi ya pilihan teman-teman pasti yang terbaik gitu,” ucap Yolanda.

Ia mengatakan setelah menang dipemilihan ini, hal pertama yang akan dilakukan adalah akan memilih rekan yang akan bekerja sama dimasa kepemimpinan ini dengan mempertimbangkan banyak aspek. “Untuk pertama kali yang kami lakukan sebelum masuk ke progja-progja tentunya memilih rekan yang akan kami ajak kerjasama nantinya di masa kepemimpinan kami. Kita cari rekan kerja, baik dari pertimbangan presti-presti sebelumnya dan juga saran-saran dari Gubernur dan Wakil Gubernur sebelumnya, nah di masa penyeleksian dan juga pemilihan tersebut kami akan memanfaatkan waktu untuk membangun kembali jiwa kekeluargaan yang ada di HMJ Ekbis ini, agar kedepannya juga lebih enak menjalankan tugas,” ujar Yolanda.

Yolanda juga menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan dan kepercayaan  yang diberikan kepadanya. “Untuk semua teman-teman, terutama dari Ekbis yang sudah mempercayakan amanah jabatan ini ke kami, kami sangat berterimakasih banyak untuk teman-teman semua atas dukungan, doa dan waktu yang telah teman-teman luangkan untuk kami. Kami harap teman-teman semuanya bisa ikut serta semuanya, baik itu memberikan saran masukan kritik untuk kami nantinya, karena kami juga butuh teman-teman semuanya. Tanpa dukungan dan juga kepercayaan kalian, kami tidak bisa sampai di titik sekarang ini, HMJ ini dari kita untuk kita juga, jadi ya ayo kita bangkit lagi dan memperbaiki apa yang belum tercapai di masa sebelumnya bersama-sama,” tutur Yolanda

Sedangkan Gubernur Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan yang terpilih, Hafid Miftahudin mengatakan bahwa ia puas dalam pemilihan kali ini. “Untuk pemilihan ataupun hasil pada sore hari ini, alhamdulillah saya sangat puas. Proses yang saya alami dan usaha yang saya lakukan membuahkan hasil,” ucap Hafid

Ia menjelaskan setelah menang dipemilihan ini, hal pertama yang akan dilakukan adalah melaksanakan visi misi dan tujuannya. “Yang pertama bisa kita melalui visi misi ataupun tujuan yang telah kita bangun bersama, yaitu HIMABUN berkualitas dalam revolusioner, solidaritas dan literasi,” jelas Hafid

Hafid juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada teman-teman yang telah mendukungnya dan berharap ini menjadi langkah awal bagi Jurusan Perkebunan untuk lebih baik lagi. “Saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada kawan-kawan yang se-angkatan, adik-adik, ataupun abang-abang yang telah mendukung sepenuhnya kepada kita semoga langkah awal menjadi perkebunan yang lebih baik,” ucap Hafid.(*Diah)

 

Reporter:

Danang Aryo Aditama Susilo

Wina Viona

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *