PKN Telah Usai, Fasilitas Belum Dituai

Foto : Dok. UKM Pers Sukma

Sukma_Polinela; Kegiatan Praktik Kerja Nyata (PKN) yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pembelajaran bagi mahasiswa dengan kelulusan Program SarjanaTerapan (D4) di Politeknik Negeri Lampung (Polinela). Kegiatan yang berlangsung selama 25 hari (9/8/2021-4/9/2021) ini menuai beberapa keluhan dari para mahasiswa, hal tersebut lantaran dari awal pelaksanan PKN sampai selesai belum diberikannya fasilitas penunjang PKN bagi mahasiswa. Fasilitas yang dimaksud ialah seperti PKN 2020, yaitu pengadaan uang saku sebesar Rp 75.000,00., pakaian, dan lainnya.

Yongki Davidson Mahasiswa D4 Teknologi Produksi Ternak, Jurusan Peternakan Semester 7, menjelaskan bahwa sampai saat ini fasilitas dana tersebut belum terealisasikan dan untuk nominalnya sendiri mahasiswa PKN juga belum mengetahuinya, untuk tahun kemarin fasilitas dana yang diberikan sebesar Rp75.000,00.

“Tapi kalau misalnya dikatakan fasilitas seperti dana itu sampai saat ini itu belum sampai ke kami dan pembimbing lapangan padahal itu dijanjikan pada bulan Oktober. Ya semoga aja pada bulan ini janji tersebut sudah terealisasikan. Beberapa kali aku coba tanyakan tapi tidak pernah disebutkan nominalnya tapi Pak Rusmianto menjanjikan itu ada bantuan untuk mahasiswa, kalau tahun kemarin itu Rp 75.000,00 per mahasiswa,” ujar salah satu mahasiswa PKN.

Disisi lain, menurut salah satu peserta PKN yang tidak ingin disebutkan namanya, ia juga menjelaskan bahwa fasilitas dana dari kampus belum terealisasikan. “Memang ada omongan bahwa akan  mendapatkan fasilitas seperti dana tersebut tapi sampai saat ini untuk fasilitas seperti dana tersebut kalo aku pribadi belum menerimanya, jadi belum pasti dapat apa engganya,” katanya.

Tangapan dari Yongki mengenai fasilitas dana yang belum terealisasikan tersebut, yaitu, seharusnya fasilitas penunjang PKN bagi mahasiswa tersebut dapat diberikan saat kegiatan PKN berlangsung dan ia juga berharap bahwa untuk kedepannya tidak terjadi lagi.

“Ideal nya bantuan tersebut direalisasikan saat kegiatan PKN berlangsung, hal ini terjadi seperti kejadian tahun kemarin dimana telat juga dalam pendistribusiannya. Harapannya semuanya bisa belajar agar kedepannya tidak terjadi lagi hal serupa atau mudahnya belajar dari kesalahan,” ujarnya.

Rusmianto, Ketua Pelaksana PKN Polinela 2021, menjelaskan bahwa fasilitas dana PKN sebesar Rp 75.000,00 per mahasiswa dapat dicairkan. “Siang ini kami baru dapat informasi dari Bendahara Polinela bahwa dana fasilitasi PKN sebesar Rp 75.000,00 per mahasiswa dapat dicairkan, karena ini hari Kamis (28/10/2021) ya, semoga besok sudah bisa kami berikan kejurusan dan nanti jurusan yang akan membagikan ke mahasiswa masing-masing,” ujar Rusmianto. (*wyn).

 

Reporter :

Risya Syafitrah

Nurul Yamin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *