Tips Produktif untuk Memulai Harimu

Setelah  liburan “no rules”  yaitu tidak adanya aturan atau jadwal yang terorganisir dengan apa yang kita lakukan sehari-hari dimana kita lebih banyak bersantai dan bermain. Tentunya akan terasa sulit untuk kita  kembali ke perkuliahan, jadwal, dan tugas.

Beberapa orang bangun di pagi hari dengan penuh energi dan bersemangat untuk menghadapi hari. Namun, sebagian besar dari kita menemukan diri kita masih bermalas-malasan ketika bangun di pagi hari. Tahukah, kamu bahwa  apa yang kita lakukan  di pagi hari dapat  memengaruhi perasaan atau  mood , tindakan, dan bahkan pemikiran kita selama 24 jam kita menjalani hari.  Ternyata rutinitas pagi hari yang tepat membuat hari kamu lebih baik, setiap hari nya.

Dilansir dari wikihow.com Yuk simak beberapa tips  produktif untuk memulai harimu dengan baik!  

1. Mulai dengan rutinitas malam sebelumnya.

Lho? mengapa kami menyebutkan rutinitas malam  ketika kita sedang membahas tentang bagaimana memulai  hari? Ternyata, memiliki rutinitas malam yang baik sebelum tidur memiliki dampak besar pada baik hari berikutnya dimulai. Tanpa tidur nyenyak yang cukup dan beberapa malam sebelum merencanakan pagi hari ke depan, peluang kita untuk memulai hari dengan baik akan jauh berkurang. Hal-hal  sederhana yang dapat kita lakukan yaitu seperti berhenti bermain gadget satu jam sebelum tidur, menyiapkan apa yang dibutuhkan untuk jadwal perkuliahan atau minum teh herbal saat mau tidur, dan mematikan lampu sebelum tidur.

2. Bangun Awal

Bangun satu jam lebih awal memberi kita waktu untuk fokus pada diri sendiri dan menetapkan niat positif untuk hari itu. Rutinitas pagi yang terburu-buru justru akan membuat kita cenderung merasa bingung dan gelisah sepanjang hari. Bermurah hati dengan diri sendiri dan nikmati waktu ekstra itu!  Setelah memberi waktu untuk bersiap, kamu harus segera bangun dan beranjak dari tempat tidur. Hari kamu tidak dapat benar-benar dimulai sampai kamu berhasil bangun dari tempat tidur.    

  3. Lakukan Exercise atau Olahraga ringan

 Kita semua berniat untuk berolahraga lebih sering, tetapi semakin kita merencanakan waktu olahraga, nyatanya semakin besar kemungkinannya akan tersingkir oleh tumpukan tugas atau pekerjaan yang ditunda-tunda membuat kita akhirnya terlalu lelah untuk berolahraga. Jadi sebaiknya  kita dapat langsung menyelesaikan tugas sebelum tanggung jawab harian kita mulai menumpuk. Jadi, olahraga ringan yang dapat kita lakukan yaitu jalan cepat atau lari untuk meningkatkan energi kamu. Olahraga melepaskan endorfin hormon bahagia yang mengalir tubuh kita di pagi hari, membuat kita merasa lebih baik dan fresh untuk bertahan sepanjang hari!

4. Sarapan dengan Makanan Sehat

Sarapan sering disebut dengan “important meal of the day” yaitu makanan terpenting pada hari ini dan pilihan makananmu di pagi hari memang dapat membentuk kebiasaan makanmu (dan bagaimana perasaanmu) sepanjang hari. Sarapan yang baik memberi kita lebih banyak energi dan fokus, dibandingkan ketika perut kita dalam keadaan kosong yang membuat kita tidak nyaman.

  5. Self-care atau Bersiap dan merapikan diri

Setelah melakukan  olahraga dan  sarapan kamu bisa untuk segera bersiap-siap sebelum perkuliahan. Aktivitas lainya dengan  mandi, cuci muka, gosok gigi, sisir rambut, oleskan lotion/minyak, mengenakan pakaian nyaman dan rapih yang membuat kamu dapat lebih bersemangat dan nyaman sepanjang hari saat melakukan aktivitas.

Nah,sudah tahu kan tipsnya? Jadi penting sekali untuk kita  menemukan cara untuk memulai hari dengan awal yang baik sehingga apa yang kita kerjakan dengan perencanaan yang tepat, strategi, dan pikiran yang positif,menjadi lebih terorganisir dengan baik setiap harinya dan kita akan lebih siap dan bersemangat menghadapi perkuliahan.
Tetap Semangat! (*Bella)

Sumber : https://www.wikihow.com/Begin-the-Day               https://www.twinings.co.uk/our-communi-tea/latest-news-and-articles/top-10-tips-for-a-great-start-to-your-day

Reporter : Iis Nur Safitri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *