Komunitas Lapak Baca Polinela Gencarkan Minat Literasi Masyarakat

Suasana Temu Kangen Partisipan dan Anggota Komunitas Lapak Baca, Jumat (30/7/2021).

Sukma_Polinela;  Komunitas Lapak Baca Politeknik Negeri Lampung (Polinela) berkerjasama dengan Red Robusta Café and Retails menggelar acara temu kangen sambil membaca buku gratis. Kegiatan ini diadakan di Red Robusta Café and Retails, yang mana bertempat di pelataran pertokoan Polinela.

Red Robusta Café and Retails menjadi pilihan diselenggarakannya kegiatan ini karna dikelola juga oleh alumni mahasiswa Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan. Selain itu, disana juga menyuguhkan beberapa hidangan kopi robusta asli dan beberapa cemilan, yang sangat pas dinikmati sambil melakukan sharing juga membaca.

Diskusi terkait isu-isu yang sedang ramai juga dilakukan dalam kegiatan ini. Kegiatan ngelapak baca diadakan secara umum, Jumat (30/06/2021).

Yongki Davidson, salah satu anggota komunitas lapak baca Polinela, mengatakan , “Ya kita sudah lama tidak ngelapak atau berkumpul sembari membaca buku bersama, karena kan ada wabah Covid 19 ini, maka dari itu diadakan lah supaya bisa temu kangen,” katanya.

Lanjutnya, kegiatan ini juga dilakukan karna mengingat tingkat literasi di Lampung yang berada pada nomor lima dari bawah di klasemen indeks alibaca. Dengan skor 31 di bawah rata – rata nasional yang mempunyai skor 37.

“Makanya semoga dengan kegiatan ini bisa meningkatkan tingkat literasi mahasiswa di polinela dan masyarakat di Lampung ini,” jelasnya.

Pelaksanaan waktu dalam kegiatan ini juga dibatasi. Hal tersebut mengingat masih dalam keadaan Covid-19.

“Untuk kawan – kawan sampai bertemu di lapak baca red robusta, supaya kita bisa membaca buku sambil menikmati kopi robusta asli lampung,” ujar Yongki.

Menanggapi kegiatan ini, Fathira Al Haggie, mengatakan bahwa pada awalnya hanya anggota komunitas lapak baca saja yang menghadiri acara tersebut. Hal tersebut dikarenakan memang sudah agenda bulana.

“Tapi karna banyak antusias dari kawan – kawan yang lain juga, sehingga kita lakukan secara umum. Ini juga kan menambah tali silahturami sesama mahasiswa,” katanya.

Di kegiatan ini juga banyak membahas tentang pendidikan, yang mana sebelumnya komunitas lapak baca Polinela menggelar diskusi santai perihal topik ini.

Salah satu partisipan, M Ari Kusuma mahasiswa Prodi Budidaya Perikanan, mengatakan, “Kegiatanya sangat bagus untuk dimasa sekarang ini yang mana hampir tidak semua nya kawan –  kawan suka membaca buku apa lagi tentang perubahan, yang paling terpenting kita dapat bersilahturahmi tentunya,” ungkapnya.(*Bella)

Reporter :

Oky Endrawan

Leo pradana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *