Langkah Mudah Membuang Masker Sekali Pakai

Sukma_Polinela;  Masker merupakan elemen penting dalam pencegahan Covid-19. Masker juga membantu melindungi kita tak hanya dari virus Covid-19, namun juga dapat membantu kita terhindar dari polusi udara, menjaga paru-paru dan mencegah penyakit menular melalui pernafasan khususnya.

Sayangnya pemakaian masker ini juga menimbulkan masalah dalam kondisi lingkungan. Selain itu juga, masker memiliki potensi untuk menularkan bahaya infeksi, seperti virus corona dan bahaya kesehatan lainnya.

Masker–masker yang sudah terpakai baik yang kita pakai maupun dari pasien Covid-19, sebaiknya dikelola lalu dikumpulkan secara khusus sebagai limbah medis. Karena membuang masker sembarangan dapat menimbulkan kontaminasi dari virus atau reaksi biologis yang berbahaya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), merekomendasikan cara untuk membuang masker ke tempat sampah setelah digunakan dan tidak digunakan kembali. Karena tidak hanya memakai dengan benar, masker juga harus dibuang dengan cara yang tepat agar tidak terjadi kejadian yang tidak kita inginkan.

Dilansir dari indonesiabaik.id , yuk! ketahui cara membuang masker dengan baik dan benar sebagai berikut :

  1. Lepas masker melalui tali di belakang kepala/
  2. Lipat masker dengan benar (usahakan bagian paparan kuman/droplet berada dalam lipatan).
  3. Lakukan penyemprotan menggunakan disinfektan atau merendam masker dengan air sabun/pemutih pakaian.
  4. Gunting masker menjadi beberapa bagian.
  5. Lapisi dengan tisu lalu buang ke tempat sampah yang tertutup.
  6. Cuci tangan menggunakan sabun setelah membuang masker

Selain untuk menjaga kesehatan diri dan lingkungan langkah-langkah diatas dapat mengurangi kasus daur ulang dan penjualan ulang masker bekas oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Nah,sudah tau kan cara atau tips membuang masker sekali pakaimu dengan baik dan benar. Untuk mencegah hal tersebut, Yuk mulai terapkan membuang maskermu dengan tepat.

Stay safe dan jangan lupa selalu memakai masker, karena penggunaan masker dapat efektif jika kita mematuhi protokol kesehatan dengan baik.  (*egr)

 

Reporter : M. Khadafi

 

Sumber : https://indonesiabaik.id/infografis/jangan-sembarangan-buang-masker-sekali-pakai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *