Kenali Kepribadian Psikologis Berdasarkan Tes MBTI

Sukma_Polinela;  Selama ini, banyak orang menganggap bahwa hanya ada dua kepribadian di dunia ini, yaitu introvert dan ekstrovert. Namun ternyata kepribadian ada lebih banyak dari itu. Kaum milenial tentunya tidak asing lagi dengan tes kepribadian psikologi yang populer ini. Yup! tes MBTI.

Apa tes MBTI itu?

MBTI, atau The Myers Briggs Type Indicator adalah metode pengukuran yang digunakan untuk membaca kepribadian seseorang, khususnya untuk memahami bagaimana seseorang menilai sesuatu dan membuat keputusan. Menurut The Myers Briggs Company, perusahaan di California yang menangani MBTI, hampir 1,5 juta orang mengikuti tes MBTI secara online setiap tahun.

The Myers-Briggs Type Indicator lahir dan dikembangkan oleh Kathrine Cook Briggs dan putrinya. Carl Gustav Jung menjelaskan bahwa kepribadian ini dibagi melalui empat dimensi sifat dasar manusia, yaitu dimensi pemusatan perhatian yang terdiri dari Extrovert (E) vs Introvert (I), dimensi memahami informasi dari luar yang terdiri dari Sensing (S) vs Intuition (N), dimensi menarik kesimpulan dan keputusan yang terdiri dari Thinking (T) vs Feeling (F), lalu dimensi pola hidup yang terdiri dari Judging (J) vs Perceiving (P).

Dilansir dari ruangguru.com terdapat 16 kepribadian yang dikombinasikan dari empat dimensi sifat dasar manusia sebagai berikut :

Tipe ENFJ (Extraverted, Intuitive, Feeling, Judging)

Sosok ENFJ dikenal sebagai pengajar dan pemberi. Mereka melihat potensi pada orang lain dan ingin membantunya dalam mencapai yang terbaik. Sebagai pendengar yang baik, ENFJ senang menghargai pertimbangan pribadi dirinya dan orang lain. ENFJ juga memiliki jaringan perkenalan yang luas dan dapat menjadi pemimpin yang baik, seperti Barrack Obama, pemimpin Amerika Serikat yang hangat itu, ia berkepribadian ENFJ, loh!

Tipe ENFP (Extraverted, Intuitive, Feeling, Perceiving)

Sosok ENFP selalu menghargai pendapat orang lain. Kalau kamu tipe ENFP, kamu tergolong sosok yang memiliki mental juara dan kreatif. Tipe ENFP juga disebut sebagai juru kampanye. ENFP selalu melihat kehidupan sebagai sesuatu yang penuh dengan kemungkinan. Sosok ini juga cenderung menyukai hal-hal abstrak dan lebih mementingkan pertimbangan pribadi daripada logika. Mengapa? Karena ENFP adalah jiwa bebas sejati. Ia senang membangun emosional dan sosial dengan orang lain. Hal ini membuat ENFP menjadi sosok yang populer dan friendly. Sosok ENFP cenderung akan menghargai pendapat orang lain untuk mencapai kesepakatan bersama. Hm, denger-denger sih jadi seniman atau reporter sangat cocok untuk ENFP lho

Tipe ENTJ (Extraverted, Intuitive, Thinking, Judging)

Tipe ENTJ dikenal sebagai sosok panglima dan pelaksana. Ia memiliki hubungan dan jaringan yang luas dengan siapapun. ENTJ juga dikenal sebagai orang yang suka berterus terang. Penuh akan motivasi hidup, ENTJ selalu semangat ketika mencoba meraih tujuan. Tekad yang kuat dan ambisi yang tinggi membuat tipe ENTJ memiliki kepribadian alami untuk menjadi pemimpin. Eits, tapi jangan salah! Ambisi yang tinggi tidak selamanya positif. Terkadang, tipe ENTJ keras kepala, tidak sabaran, dan tidak toleran. Huft!

Tipe ENTP (Extraverted, Intuitive, Thinking, Perceiving)

Sebagai sosok yang blak-blakan, ENTP juga dikenal sebagai orang yang visioner dan penemu. ENTP juga merupakan sosok yang cepat, siaga, berbakat, dan telaten. Karena gerak-geriknya yang cepat dan selalu siaga, ENTP disebut cocok dengan profesi pengacara, diplomat, programmer, atau bahkan peneliti dan ilmuwan. Menurut 16personalities.com, kepribadian ENTP adalah tipe pendebat.

Tipe ESFJ (Extraverted, Sensing, Feeling, Judging)

Memiliki banyak teman membuat tipe ESFJ sebagai sosok yang bersahabat. ESFJ juga dikenal sebagai sosok pengasuh dan pemberi. Oleh 16personalities.com, ESFJ adalah sosok yang senang mendukung orang lain. Ya, kalau kamu adalah seorang ESFJ, maka kamu adalah sosok yang sangat suportif. ESFJ juga adalah tipe yang tidak suka konflik. Ia sangat menghargai ketertiban sosial. Oh ya, tipe ESFJ ini adalah tipe yang paling banyak ditemukan di dunia, lho!

Tipe ESFP (Extraverted, Sensing, Feeling, Perceiving)

Ciri-ciri dari ESFP adalah sosok yang mencintai kehidupan, orang dan kenyamanan materi. ESFP juga dikenal sebagai performers atau penghibur. ESFP akan spontan dalam melakukan hal yang ia senangi. Tipe kepribadian ini adalah sosok bintang. Ia suka ketika lampu disorot ke arahnya dan panggung adalah dunianya. Hm, kalau kamu merupakan sosok ini, sepertinya cocok menjadi aktor dan  penyanyi yang berada di dunia enterteiment.

Tipe ESTJ (Extraverted, Sensing, Thinking, Judging) 

Dilansir dari 16personalities.com, ESTJ adalah sosok eksekutif. Apa sih eksekutif itu? Eksekutif adalah sosok yang mewakili tradisi dan tatanan sosial masyarakat. Sosok ESTJ kerap kali diterima secara sosial untuk menyatukan keluarga dan masyarakat. ESTJ adalah sosok yang jujur dan memegang nilai kebenaran. Hm, kurang lebih tipe ESTJ akan selalu menegakkan keadilan, apa yang benar dan apa yang salah! Keren kan?.

Tipe INFJ (Introverted, Intuitive, Feeling, Judging)

Sosok yang dikenal idealis ini sangat pendiam. INFJ juga merupakan sosok yang lembut dan sangat berpegang teguh pada hal-hal yang ia yakini. INFJ adalah sosok pelindung. Selain itu, INFJ juga memiliki kemauan keras dan mudah dalam menciptakan keseimbangan kehidupan. Sayangnya, terkadang keyakinan kuat yang ia miliki justru membuat INFJ menjadi orang yang terlalu perfeksionis. Denger-denger advokat adalah profesi yang cocok dengan INFJ lho! . Hm, oh iya! berapa tokoh dunia yang merupakan sosok INFJ adalah Nelson Mandela dan Mother Teresa.

Tipe INFP (Introverted, Intuitive, Feeling, Perceiving)

INFP memiliki kepribadian mediator. Ia senang mencari celah kebaikan di setiap kesempatan atau bahkan di setiap hal-hal buruk. Meskipun INFP adalah orang yang pendiam dan sering dikenal tidak ramah, INFP memiliki semangat yang membara di dada dan sikap peduli akan orang lain. Ketika INFP menemukan lawan bicara yang memiliki kecenderungan yang sama, INFP akan menonjolkan keharmonisan, kesenangan, dan inspirasi.

Tipe INTJ (Introverted, Intuitive, Thinking, Judging)

Berbeda dengan INFP, INTJ adalah sosok yang pemikir. Hal itu menjadikan sosok INTJ sebagai sosok yang kreatif, imajinatif, dan sangat strategis untuk segala tujuannya. Tipe kepribadian yang satu ini merupakan tipe yang sangat independen dibanding tipe lainnya. INTJ senang akan gagasan-gagasan baru dan terjun dalam penelitian ilmiah. Maka dari itu, INTJ sangat cocok untuk menjadi ilmuwan atau bahkan juga arsitektur.

Tipe INTP (Introverted, Intuitive, Thinking, Perceiving)

Sama halnya dengan INTJ, INTP juga merupakan sosok pemikir. Hal itu membuat INTP menjadi sosok yang penuh akan ide di kepalanya. Dari luar INTP terlihat sebagai sosok arogan, namun INTP akan sangat ramah dengan sosok yang mereka kenali atau orang yang memiliki ketertarikan sama. Ia mencintai hal-hal berbau buku, serta menjadi sosok yang paling bisa dipercaya. Selain itu, INTP adalah sosok yang sangat ahli dalam mengembangkan wawasan dan solusi.

Tipe ISFJ (Introverted, Sensing, Feeling, Judging)

Memiliki empati yang tinggi. Ya, kalimat yang mendeskripsikan sosok dengan tipe kepribadian ISFJ. Hm, selain empati, ISFJ sangat hati-hati dan juga pendiam. Meskipun begitu, sosok ISFJ dapat menjalin komunikasi dan hubungan sosial yang baik. Kepribadian ISFJ adalah pembela. Terkadang bisa menjadi super waspada dan juga teliti. Walau ISFJ suka menunda suatu hal, ISFJ percaya bisa menyelesaikannya tepat waktu. Hayo, yang suka menunda tugas, tetapi ternyata selesai, kamu ISFJ kali?

Tipe ISFP (Introverted, Sensing, Feeling, Perceiving)

Sebagai sosok yang berjiwa bebas membuat ISFP dikenal sebagai tipe kepribadian petualang. ISFP merupakan sosok seniman yang mengedepankan estetika. Ia senang dengan kehidupan yang penuh warna. Ide yang melampaui batas dan totalitas membuat ISFP dikenal pula sebagai sosok yang senang menjadi diri sendiri. Meskipun tergolong tipe yang spontanitas dan tidak mudah ditebak, ISFP mampu mengevaluasi dan mengintropeksi diri di kala sedang berada di fase jenuh.

Tipe ISTJ (Introverted, Sensing, Thinking, Judging)

Tipe ISTJ adalah tipe yang dianggap paling banyak jumlahnya, sekitar 13%. Jiwa yang dimiliki tipe ini adalah jiwa yang tak kenal lelah terhadap tugas dan sangat terstruktur. Selain itu, ISTJ juga merupakan sosok yang senang mengambil tanggung jawab, serta bangga dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Orang dengan tipe ini cenderung akan menyimpan pendapatnya sendiri. Terkadang, tipe ini juga bisa menjadi sosok yang keras kepala.

Tipe ISTP (Introverted, Sensing, Thinking, Perceiving)

Tipe yang terakhir ini adalah tipe yang toleran, fleksibel, dan bertindak cepat untuk menemukan solusi yang terbaik. ISTP adalah tipe yang sangat rasional. ISTP juga dikenal sebagai kepribadian mekanik, sehingga mereka senang mengeksplorasi satu proyek ke proyek lain dengan tangan dan mata mereka. Selain itu, ISTP sebagai tipe yang tenang, namun bisa tiba-tiba menjadi tipe yang spontan.

 Sejatinya, tes MBTI adalah sebuah eksperimen yang digunakan untuk mengidentifikasi kepribadian, potensi, dan preferensi seseorang. Tidak ada kepribadian yang dinilai lebih baik atau terbaik dibandingkan kepribadian lainnya.

Nah, secara individu, kamu bisa melakukan tes MBTI untuk lebih mengenal dirimu sendiri.

Menurut Live Science, tes MBTI dapat menjadi titik awal seseorang untuk mengeksplorasi dirinya lebih dalam. Dengan mengetahui preferensi diri sendiri, kamu bisa lebih paham bagaimana cara mengendalikan diri di situasi-situasi tertentu.

Tapi, jangan jadikan ini sebagai patokan untuk segala aspek dikehidupan kamu ya!, Jalani hidupmu seindah mungkin tanpa takut dibatasi oleh kepribadian psikologi! Dan tetap jadi diri sendiri. (*egr)

Reporter : Iis Nursafitri

sumber gambar : careerassessmentsite.com

sumber artikel : https://www.ruangguru.com/blog/16-tipe-kepribadian-menurut-tes-mbti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *