Bangkitkan Semangat Berwirausaha, Himapa Adakan Webinar Kewirausahaan

Suasana Webinar kewirausahaan HMJ Tanaman Pangan (13/04/2021).

Sukma Polinela; Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Budidaya Tanaman Pangan (Himapa) Politeknik Negeri Lampung (Polinela), menyelanggarakan Webinar Kewirausahaan yang dilakukan secara online, melalui platfrom Zoom Meeting dengan mengusung tema “Cultivate the habit of being A young Entrepreneur”.

Dengan jumlah anggota yang bergabung 170 peserta, terdiri dari pengurus Himapa dan mahasiswa jurusan Budidaya Tanaman Pangan. Terdapat juga sesi diskusi antara peserta dan pemateri.

Acara ini merupakan salah satu Program Kerja (Progja) dari Himapa yang diselenggarakan rutin tiap tahun saat awal periode gubernur. Kegiatan ini biasanya dilakukan secara offline, namun karena masih pandemi mengharuskan kegiatan pada tahun ini dilakukan secara virtual atau di rumah masing-masing.

Tujuan dilaksanakan webinar kewirausahaan ini, yaitu untuk memberikan pengetahuan informasi, serta skill yang dibutuhkan dalam memulai bisnis atau yang sedang menjalankan bisnis.

Acara ini pun dihadiri oleh pembina HMJ Himapa yaitu Miranda Fertawita, serta diisi oleh satu pemateri yaitu M. Rofi Ridwanda. Dalam menyampaikan materi, Rofi  memberikan pangkah-langkah yang dapat kita lakukan dalam memulai bisnis di media social seperti Instagram yaitu:

  1. Menentukan ingin menjual kesiapa, dan segmentasinya ke siapa dalam bisnis tersebut.
  2. Dalam memulai bisnis di media sosial seperti Instagram, harus memiliki akun bisnis yang sudah di lengkapi logo dan infromasi lainnya, seperti kontak yang dapat di hubungi.
  3. Logo yang menarik akan membuat konsumen menjadi penasaran dan akan tertarik untuk melihat-lihat produk yang di jual.
  4. Cari usaha sejenis, lalu liat cara mereka menata tampilan visual, bio, dan traffic.
  5. Tulis blue print hulu hilir dan bayangkan prosesnya.
  6. Cek harga alat, bahan, dan keperluan.
  7. Hitung hppnya dan buat prototipe sampai packaging yang akan di gunakan.
  8. Optimasi Instagram dari segi visual dan bio.

Alfian Nursyam Rizky selaku koordinator acara mengungkapkan ada sedikit hambatan dalam acara ini “Hambatannya lebih ke jaringan, karena acara ini online dan juga mahasiswa maupun panitia masih berada di kampung, atau di rumah masing-masing, tetapi bisa di atasi dengan baik. Ya alhamdulilah dapat berjalan dengan lancar.”tuturnya.

Alfian Nursyam Rizky juga mengatakan harapan kedepannya pada acara ini yaitu, “Semoga kita sebagai Mahasiswa bisa lebih semangat lagi untuk mencari pengalaman, ilmu dan mampu membuka usaha sendiri”, tutup Alfian.

Dea Rismania selaku Moderator pada acara webinar kewiraushaan menyampaikan kesan dan pesan dalam acara webinar ini “Acara ini sangat luar biasa, karena mampu membangkitkan semangat calon wirausahawan muda. Dan pesan nya yaitu semoga dengan adanya webinar kewirausahaan ini dapat menjadi motivasi bagi para peserta untuk tidak ragu lagi dalam memulai berwirausaha,”tutupnya dalam wawancara via WhatsApp. (*egr)

 

Reporter :

Chindy Aulia

Azkia Rahma Azizah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *