Perkuat Keimanan, UKM Al-Banna Adakan Peringatan Isra Mi’raj

Suasana saat zoom peringatan Isra’ Mi’raj (11/03/2021).

Sukma_ Polinela; Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Al-Banna Politeknik Negeri Lampung (Polinela) mengadakan Kajian Online untuk memperingati Isra Mi’raj 1442 H Kamis (11/3/21), melalui platform Zoom Us dan siaran langsung melalui platform Youtube. Kajian Online ini mengusung tema “Mewujudkan Jiwa Yang Taat  dalam Meraih Iman & Taqwa”.

Acara ini merupakan Agenda Tahunan di Departemen Humas Syiar UKM Al-Banna, yang termasuk kedalam Peringatan Hari Besar Islam (PHBI).

Tujuan dilaksanakan Kajian Online, yaitu untuk merayakan Isra Mi’raj dan memberikan informasi kepada umat muslim, untuk mengingat dan memahami bahwa dalam kejadian mukjizat pada Nabi Muhammad SAW ini mempunyai banyak hikmah yangdapat merubah iman kita.

Kajian Online tersebut diisi oleh satu pemateri yaitu Pembina UKM Al-Banna, Sudiyo. Dalam wawancara via WhatsApp beliau menyampaikan “Ini adalah bagian dari usaha yang bisa dilakukan di masa pandemi seperti sekarang ini, walaupun virtual penyampaian nilai-nilai luhur serta peristiwa bersejarah pada hari besar Islam, diharapkan dapat memberi motivasi perbaikan akhlak dan ibadah oleh mahasiswa/i, dan peningkatan motivasi berprestasi” ucapnya.

Acara ini dimulai pada pukul 08.30 WIB. Dengan jumlah anggota yang bergabung 116 peserta, terdiri dari pengurus UKM Al-Banna dan umum. Terdapat juga sesu diskusi antar peserta dan pemateri.

Manfaat yang dapat diambil dari Hari Isra Mi’raj ini, yaitu:

  1. Pentingnya pemahaman seorang muslim atas kebutuhan dan fardhu shalat. Bahwa shalat adalah tiang agama.
  2. Shalat adalah bagian dari ibadah yang menjadi sarana diri untuk melatih disiplin.
  3. Semua yang dihadapi oleh seorang muslim tidak ada yang mustahil untuk solusi dan keberhasilannya bila dengan pertolongan Allah SWT.

 

Adapun yang disampaikan pertama, keyakinan dan keimanan seorang muslim atas  keagungan Allah SWT ketika peristiwa Isra Mi’raj itu disampaikan oleh Rosullulah, pada saat itu keimanan seseorang diuji.

Lalu, keagungan Allah SWT yang ditujukan dengan peristiwa besar ini, dimana Allah SWT Maha Kuasa atas segala sesuatu yang terjadi. Kemudian, adanya perintah yang didapatkan oleh rasul sepulang dari peristiwa Isra Mi’raj yaitu perintah ibadah salat lima waktu sehingga salat lima waktu merupakan hal yang harus diperhatikan bagi seorang muslim, dengan salat lima waktu mampu menjadikan seorang muslim yang berakhlak mulia.

Yang terakhir adalah ketaatan, bagimana kita mampu mendengar dan taat sehingga keimanan ini semakin kokoh dan kuat ketika kita selalu berinteraksi dengan pesan-pesan Ilahi melalui Nabi Muhammad SAW yang diwariskan dari Al-Qur’an sebagai kalam suci Allah SWT dan juga hadist-hadist Rasullulah SAW.

Karmila Maya Soraya selaku Penanggung Jawab (PJ) bagian notulensi mengatakan harapan kedepannya terhadap Kajian Online Isra Mi’raj ini, “Semoga acara yang akan datang lebih bayak orang yang terketuk hatinya untuk ikut kajian online seperti ini, sehingga kita sebagai umat muslim itu semakin kuat dalam satu shaf yang sama, dan semoga juga acara kedepannya semakin lebih maksimal lagi sehingga lebih baik dari kajian tahun ini”, tutup Maya.(*Novrianni)

 

Reporter :

Melani safira

Muhammad Farid Alfasha

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *