Yuk Simak Tips Agar Tetap Produktif Hadapi Semester Baru Kuliah Online

Tips & Trick Agar Tetap Produktif Hadapi Semester Baru Kuliah Online

Sukma_Polinela; Liburan semester telah berakhir. Memasuki minggu awal perkuliahan pada semester genap ini, kuliah tetap dilaksanakan secara daring karena situasi Covid-19 yang masih berlanjut. Meskipun banyak mahasiswa yang mengeluhkan jika kuliah online tidaklah efektif untuk dilakukan, apalagi untuk beberapa mata kuliah yang mewajibkan untuk praktikum.. Sehingga menjadi mahasiswa produktif tidaklah mudah.

Namun mau tidak mau, karena situasi yang masih beresiko tinggi kita tetap harus melaksanakan kuliah secara daring. Meskipun demikian jangan sampai keadaan membuat semua aktivitas dan prestasi perkuliahan kita menurun. Nah, melansir dari ruangguru.com berikut ini  beberapa tips agar kita tetap bisa produktif selama kuliah daring.

1. Mencari Motivasi dan Semangat Baru

Teman dekatmu bisa menjadi sumber motivasi dan semangat, lho!)

Mengawali semester baru, yuk tingkatkan kembali motivasi dan semangatmu. Temukanlah support system yang selalu memberikan kamu dukungan positif. Sahabat, keluarga dan orang tua. Kamu bisa menjadikan mereka motivasi kamu untuk semangat memasuki semester baru. So, jangan kasih kendor semangatmu ya!

2. Disiplin pada Jadwal dan Waktu

Yuk, hargai waktu dan targetmu!

Disiplin dan menghargai waktu adalah hal yang tidak mudah. Tapi, tidak ada salahnya mencoba demi memperoleh nilai akademik yang lebih bagus di semester baru ini. Perhatikan jadwal kelas dan targetmu. Meskipun online, rencana studi selama satu semester ke depan harus terorganisir dengan baik. Benar bukan? Yuk buat target dan goals selama satu semester nanti.

3. Evaluasi Semester Lalu

Memberikan ruang bagi diri sendiri untuk evaluasi!

Ya, evaluasi. Barangkali selama semester lalu kamu sering membolos, atau tidur waktu kelas online? Yuk mulai memasuki semester baru diubah kebiasaan buruk untuk menuju best version dari dirimu sendiri. Misalnya, mendengarkan dan memberikan perhatian penuh ketika dosen atau gurumu sedang mengajar, atau menghargai beliau ketika sedang belajar dengan mengaktifkan kamera saat belajar online.

4. Simak Dan Mencatat Hal-Hal Penting layaknya Perkuliahan Biasa

Mencatat materi penting juga termasuk salah satu cara menjadi mahasiswa produktif di tengah kuliah online. Meskipun tidak melakukan kuliah dengan bertatap muka secara langsung, mencatat poin-poin penting yang disampaikan oleh dosen bisa membuat kamu lebih memahami mata kuliah tersebut.  Selain itu, menulis catatan juga terbukti menjadi teknik belajar yang efektif agar mudah memahami materi atau mata kuliah. Pastikan untuk selalu menyimak dan mendengarkan setiap materi yang disampaikan oleh dosen.

5. Istirahat Dengan Cukup

Salah satu cara agar kamu menjadi mahasiswa produktif di tengah kuliah online yang padat adalah dengan menjaga waktu istirahat. Meskipun banyak tugas dan sebagainya, usahakan untuk tetap istirahat dengan cukup. Karena tubuh yang lelah bisa membuat konsentrasi kamu hilang dan pekerjaan menjadi berantakan. Sehingga kamu akan kehilangan fokus mu karena kurang istirahat dan tidur. Selain itu, kelelahan juga bisa menyebabkan tubuh menjadi tidak fit dan sakit. Jadi usahakan untuk jangan men-skip istirahat meskipun tugas menumpuk ya. (*egar)

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *