Semester Baru, Sistem Pembelajaran Baru

Pudir 1 Polinela, Saat Diwawancarai (26/02/2021).

Sukma_Polinela; Politeknik Negeri Lampung (Polinela) menerapkan kebijakan baru mengenai pembelajaran sistem daring yang akan dilaksanakan pada awal masuk semester genap (01/03/2021).

Dalam masa pandemi Covid-19 pembelajaran daring menjadi pilihan yang tepat, karena dengan metode pembelajaran daring dampak wabah Covid-19 dapat diminimalisir. Kendala dalam pembelajaran daring saat ini umumnya yaitu jaringan. Kiat bagi mahasiswa yang diperlukan adalah kemauan belajar lebih keras dan tidak biasa, karena kondisi saat ini juga tidak seperti biasanya.

Kebijakan sistem pembelajaran baru ini lebih spesifik dari pembelajaran pada semester sebelumnya. Terdapat dua kebijakan baru dalam sistem pembelajaran daring, yaitu:

1. Dengan cara menerapkan metode Asinkronus (secara tidak langsung), yaitu pembelajaran melalui LMS dan Sinkronus (secara langsung), yaitu pembelajaran melalui media zoom yang telah difasilitasi oleh Polinela.

2. Pelaksanaan praktikum yang akan dimulai pada minggu ke tiga (15/03/2021) dengan menentukan kelompok kecil yang akan dilakukan secara bergilir dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Dwi Puji Hartono selaku Pembantu Direktur I mengatakan “Kita membagi setiap kelas menjadi beberapa kelompok, bergantian setiap dua minggu sekali. Sehingga dengan pola ini seluruh mahasiswa mendapatkan kesempatan pembelajaran tatap muka di kampus. Namun tetap atas izin orang tua dan rapid test atau surat keterangan sehat” ujarnya. Kondisi Covid-19 yang masih mengkhawatirkan, sehingga harus tetap mencari inovasi dalam proses pembelajaran dengan mencoba memodifikasi dengan kelompok-kelompok tersebut.

Dulbari selaku Ketua Prodi PTP (Produksi Tanaman Pangan) mengatakan “Untuk kegiatan praktikum di prodi PTP akan dilakukan secara daring dan luring secara terbatas dan bertahap dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan” saat diwawancarai melalui whatssapp.
Belum lagi keluh kesah yang dihadapi mahasiswa Polinela belajar di rumah yaitu tidak paham dengan materi, ada mahasiswa yang hanya absen saja kemudian tidur dan tidak menyimak materi yang di berikan.

“Apalagi kampus kita adalah kampus vokasi dimana praktek lebih banyak di bandingkan dengan teori dengan metode seperti ini juga membuat mahasiswa itu memiliki sifat yang pragmatis tanpa adanya kemauan untuk mencari pengetahuan sendiri” ujar salah satu mahasiswa Polinela.
Harapan Pudir I mahasiswa harus tetap semangat dalam menjalankan pembelajaran dan tetap menjaga komunikasi antar mahasiswa “Mahasiswa harus tetap semangat dalam menjalankan pembelajaran, semoga kebijakan baru ini bisa lebih efektif dari sebelumnya. Harus tetap ada komunikasi karena itu yang paling terpenting dan semoga pandemi cepat berakhir” tutupnya. (*Novrianni)

Reporter:

Mutiara Salsabila

Bella Alfina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *