Jumat, Polinela Pesta Demokrasi dengan E-Voting

Suasana saat berlangsungnya sosialisasi pemilihan cagub dan cawagubma Kamis (11/12/2020)

Sukma_Polinela;  Politeknik Negeri Lampung (Polinela) untuk pertama kalinya menggunakan E-voting (electronic voting) dalam Pemilihan Umum Raya (Pemira), Penggunaan sistem E-voting dalam pemilihan ini dikarenakan pandemi yang masih belum usai, dan atas kesepakatan dari Majelis permusyawaratan mahasiswa (MPM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Keluarga besar mahasiswa (KBM) polinela dan anggota Panitia Khusus (Pansus). Pemilihan Pemira melalui sistem google form pada Jumat (11/12/2020).

Skema yang dirancang ialah, para pemilih diberi link google form untuk memilih Pasangan Calon (paslon), yang akan disebarkan oleh Satuan Tugas (Satgas) Pansus melalui whatsapp masing-masing ketua kelas, link tersebut dapat dibuka pukul 7-16 WIB.

Kandidat yang ada dalam Pemira 2020 yaitu paslon presiden dan wakil presiden terdapat 3 kandidat dan untuk Calon Gubernur (cagub) dan Calon wakil gubernur (cawagub) hanya terdapat 4 kandidat yang terdiri dari jurusan teknologi pertanian terdapat 2 kandidat, jurusan Budidaya Tanaman pangan 2 kandidat.

Sedangkan untuk jurusan Perkebunan, jurusan Peternakan dan jurusan ekonomi dan bisnis harus aklamasi karna hanya memiliki satu pasangan calon.

Menurut Muhammad Aldio selaku ketua Pansus Pemira, E-voting ini sangat efektif dilakukan disaat situasi pandemi Covid-19 ini sebab lebih mempermudah pengawasan, juga tidak memerlukan waktu yang lama.

Untuk perhitungan hasil Pemira  dilaksanakan langsung pada hari pemilihan tersebut setelah link google form ditutup. Perhitungan secara bertahap yang diawali dengan menghitung suara dari jurusan teknologi pertanian.

Perhitungan dilaksanakan di Gedung Sakura Polinela yang dihadiri paslon tiap jurusan dan saksi dari masing-masing paslon tersebut, tidak luput juga Panitia Pengawas (Panwas) serta perwakilan dari BEM dan MPM. Perhitungan ditayangkan secara online menggunakan Zoom.

Aldio mengatakan “semoga tahun ini pemira bisa berjalan dengan lancar walaupun sempat banyak masalah, dan semoga teman-teman semua berkontribusi dalam pemilihan ini” tuturnya. (*bella)

 

Reporter :

Hanifah Annabila

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *