Hati-Hati! Penipuan “Minta Transfer Pulsa” Berkedok Dosen, Serang Mahasiswa Polinela

Penipuan via telepon berkedok dosen serang mahasiswa Polinela (16/09/2020).

Sukma_Polinela;  Modus penipuan melalui telepon seluler dengan tujuan meminta transfer pulsa serang mahasiswa Politeknik Negeri Lampung (Polinela). Sejumlah mahasiswa mengaku hampir tertipu karena yang menghubungi mereka mengaku sebagai dosen Polinela.

Rose Noor Aldiva, salah satu mahasiswa Polinela Jurusan Ekonomi dan Bisnis (Ekbis) mengaku hampir tertipu oleh orang yang mengaku dosen Polinela melalui via telepon. Ia mengatakan awalnya tidak curiga sama sekali dengan penipu tersebut.

“Waktu itu saya di telpon seseorang yang mengaku sebagai Pak Refdi (Dosen Polinela), dia meminta saya untuk mentransfer pulsa senilai Rp 100.000,” ujar Rose saat diwawancarai via telepon (16/09/2020).

Setelah perbincangan antara Rose dengan orang yang mengaku sebagai dosen Polinela tersebut, ia mulai curiga bahwa yang menelepon dirinya adalah penipu. Benar saja, setelah ia mengonfirmasi kepada dosen terkait dan dia (Refdi) menyangkal bahwa itu bukan nomor telepon miliknya.

“Langsung saya telepon pak Refdi, dan beliau mengatakan itu bukan nomornya, karena tidak biasanya dosen menelepon mahasiswa apalagi sampai meminta transfer pulsa,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Eksa Ridwansyah selaku dosen Jurusan Ekbis mengatakan untuk seluruh mahasiswa Polinela agar lebih berhati-hati dengan modus berkedok dosen.

“Tolong sampaikan kepada seluruh mahasiswa Polinela, jika ada yang menelepon mengaku sebagai dosen Polinela dan meminta pulsa jangan langsung percaya,” ucapnya saat diwawancarai via WhatsApp (16/09/2020). (*ItaTy)

 

Reporter :

Ega Inayah Ananda

Alda Astin Olivia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *