Ngobrol Pintar : Corona Dalang Bobrok Ekonomi?

Sumber Foto: Dokumentasi BEM Polinela.

Sukma_Polinela; Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Politeknik Negeri Lampung (Polinela) menggelar diskusi online bertajuk Ngobrol Pintar (Ngopi). Diskusi yang mengusung topik “Corona Dalang Bobrok Ekonomi?” digelar pada Sabtu (11/04/2020) pukul 20.00-22.30 WIB.

Frando Yozi Narki selaku Menteri Kajian dan Strategi BEM Polinela mengatakan bahwa, seminar ini untuk mahasiswa dan juga masyarakat awam pada khususnya agar lebih paham terkait dampak dari pandemic ini terhadap kehidupan terutama sektor ekonomi. Agar masyarakat menjadi peka bahwa sebenarnya wabah ini dapat membuat banyak permasalahan jika terus dibiarkan. Di samping sebagai penambah wawasan juga sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat agar tetap mengikuti program pemerintah untuk memberantas virus ini agar permasalahan tidak semakin besar.

Diskusi ini lebih membahas terkait imbas wabah corona terhadap perekonomian di Indonesia yang merosot drastis sejak wabah corona tersebut mulai menyebar di negara ini.

Koordinator Isu Ekonomi dan Ketenagakerjaan BEM Seluruh Indonesia (SI) 2020 Muhammad Fajar Ahsanul Hakim selaku pemantik pada diskusi ini memaparkan beberapa dampak ekonomi akibat wabah corona dan solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Ia mengatakan dampak ekonomi yang cukup terlihat adalah merosotnya perekonomian Indonesia dan menurunnya nilai mata uang rupiah yang hingga saat ini berada di angka Rp 15.802.

Solusi untuk menyelesaikan semua permasalahan ini menurutnya adalah menghentikan penyebaran virus ini dengan cara pemerintah perlu melakukan langkah yang progresif dan agresif. Salah satu langkahnya yaitu dengan melakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di setiap wilayah.

“Saya berpesan semoga mahasiswa dan masyarakat pada umumnya agar lebih paham dan terbangun kesadarannya terkait kondisi Indonesia saat ini khususnya di bidang ekonomi dan sosialnya,” ujar Fajar saat diwawancarai via whatsapp.(*ItaTy)

 

Reporter :

Komang Ria Triyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *