Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Polinela

Reporter : Refka Gita Fernanda, Sari saputri

Sukma_Polinela; Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) mengadakan kegiatan berolahraga 30 menit yang diselenggarakan di Lapangan Apel Politeknik Negeri Lampung (Polinela). Acara ini diadakan setiap hari sabtu pagi, diikuti oleh warga kampus Polinela termasuk mahasiswa, dosen dan karyawan. Germas merupakan tindak lanjut ataupun pelaksanaan dari gerakan masyarakat hidup sehat program nasional, “Gerakan masyarakat hidup sehat di kampus sendiri disebutnya sebagai program nasional jadi sektornya itu Kementrian Kesehatan, kemudian diadopsi oleh presiden sebagai gerakan nasional. Jadi Germas seharusnya disetiap instansi pemerintah itu dilakukan kampanye nasional gerakan hidup sehat di masyarakat.” Ujar Ansori selaku ketua pelaksana Germas.

Selain berolahraga di kampus selama 30 menit, Germas juga membiasakan makan- makanan sehat, kemudian menjauhi hal-hal yang bisa membuat daya tahan tubuh menurun seperti merokok, menjauhi narkoba, dan adanya pemeriksaan kesehatan secara reguler. “Waktu yang pertama kita ada senam, kemudian pemeriksaan kesehatan mahasiswa, dosen dan karyawan. Kemudian adanya ceramah kesehatan tentang pentingnya hidup sehat dan bugar di kampus. Lalu, yang rutin di kita itu senam pagi setiap hari sabtu. Harapannya disitu kan hari sabtu hari libur bisa bergabunglah setengah jam gitu, kemudian jadi kebiasaan, kebutuhan bersama bahwa sehat itu penting dan ini produktif kita share nya 30 menit sampai satu jam waktu kita hilang, tetapi manfaatnya bisa satu pekan.” Ungkap Ansori.

Kegiatan Germas ini telah dilaksanakan selama 1 bulan, antusias dari peserta relatif cukup. “Kalau peserta itu yang pertama rame ya karena ada menu sehat makan bersama. Kalau untuk yang berikut ini kita perlu waktu untuk membangun kesadaran warga kampus memiliki perhatian terhadap aktifitas-aktifitas yang sangat penting dalam kehidupan. Awalnya peserta yang hadir ada 150-an terdiri dari dosen dan karyawan. Dan untuk peserta dari kegiatan yang kedua hujan jadi peserta yang hadir sekitar kurang lebih ada 100 orang,” tambahnya.

Harapan dari kegiatan Germas ini oleh Ir. Beni Hidayat, M.Si. selaku Pembantu Direktur III mengungkapkan, “Harapan saya tentunya ya seluruh warga Polinela baik mahasiswa, dosen maupun karyawan memanfaatkan kegiatan gerakan masyarakat hidup sehat ini, karena dengan kegiatan ini pengetahuan, wawasan, kita jadi bertambah kemudian kita jadi termotivasi untuk hidup lebih sehat. lalu silaturahim kita lebih dijaga dan memberi motivasi kita untuk berolahraga karena salah satu bagian dari Germas ini adalah berolahraga dan mengurangi merokok,” ujarnya.(*Siti R)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *